Oleh: Nedi Arwandi | 6 Agustus 2011

Facebook dan Google adalah Alat Intelijen AS

Jullian Assange, pemilik dan pendiri Wikileaks,  Pembongkar rahasia ribuan dokumen pemerintah AS memberikan statemen yang berani , saat dia menyoroti bahwa sudah seharusnya pengguna internet untuk tetap anonim (tidak mengumbar identitas asli).

Dalam sebuah wawancara ekslusif dengan RT, Assange yang juga mantan hacker mengatakan bahwa jaringan yang paling populer di dunia sosial, Facebook merupakan yang paling berbahaya, sebuah “mesin mata-mata mengerikan” dan memberikan kemudahan bagi pemerintah untuk mengintai aktivitas banyak orang.

“Internet juga memiliki beberapa cara yang memungkinkan kita untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh pemerintah. Selain itu, internet juga merupakan mesin mata-mata terhebat yang pernah ada,” tambah Assange.

Ditanya tentang pemikirannya mengenai peran media sosial yang telah dimainkan dalam revolusi baru-baru ini di Timur Tengah, pendiri Wikileaks itu menyoroti dari sisi lain.

“Facebook merupakan mesin mata-mata paling mematikan dan mengerikan yang pernah ditemukan,” ujarnya.

“Di sini kita memiliki database dunia yang paling komprehensif tentang orang-orang, hubungan mereka, nama mereka, alamat mereka, lokasi mereka dan komunikasi satu sama lain, keluarga mereka, semua terkumpul di AS, semua dapat diakses oleh intelijen AS.”

Facebook, Google, Yahoo, –semua organisasi utama AS ini punya koneksi khusus untuk intelijen AS. Mereka memiliki antarmuka khusus yang dikembangkan untuk digunakan oleh intelijen AS. Intelijen AS dan Facebook telah meng-otomatisasi proses.

“Setiap orang harus memahami bahwa ketika mereka menambahkan teman-teman mereka ke Facebook, mereka melakukan pekerjaan gratis untuk badan-badan intelijen Amerika Serikat dalam membangun database mereka,” ujar Assange.

Untuk mesin pencari dalam dunia maya, Banyak orang mengandalkan teknologi pencarian Google.

Rupanya para agen rahasia juga tak mau ketinggalan memanfaatkan raksasa internet itu. Lembaga-lembaga intelijen utama Amerika Serikat (AS) turut mengandalkan Google dalam aktivitas mata-mata mereka.

Dengan teknologi Google, proses berbagi informasi online di antara para agen jadi lebih gampang dan cepat.

National Security Agency (NSA) misalnya, membeli server yang telah diperlengkapi Google dengan teknologi pencarian dalam memproses informasi yang dikumpulkan agen rahasia di seluruh dunia.

Tak hanya itu, Google juga mengembangkan teknologi untuk Intellipidia, situs yang mirip dengan Wikipedia. Di sini, para agen bisa berbagai informasi secara aman pun rahasia.

Intellipidia hanya bisa diakses oleh pihak NSA, CIA, FBI dan beberapa lembaga mata-mata lainnya.

Meski demikian, Assenge tetap memiliki harapan terhadap internet untuk memberi manfaat positif kepada banyak orang hingga mengubah nasib suatu negara.


Responses

  1. Berkunjung yang pertama ya,.
    salam persahabatan selalu,.
    makasi,.

    • Salam jg sob, met puasa mga sukses

  2. Thanks infonya sob

  3. harus lebih berhati-hati sob
    makasih infonya

    • Ya mas imtikhan, salam sukses slalu

  4. assalamu alaikum

    waahhh, sebaiknya identitas kita tdk perlu dipublis yang lengkap,
    nanti jadi buronan …hehe..

    tulisan yang sangt bermanfaat dalam penggunaan dunia maya

    salam kunjungan balik
    salam persahabatan

    • Makacih silaturahimnya mbak neni

  5. semakin teknologi maju.. semakin kuat juga efek negatifnya.. nii laksana membeli satu paket makanan, gag mungkin kalu kita beli satu paket, terus cuma dapet chicken wingnya ajja tanpa softdrink atau apanya :p😦

    • Selamat bertandang sobat…

  6. met lebaran ya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: