Oleh: Nedi Arwandi | 12 Januari 2011

Harddisk Paling Awet & Paling Gampang Rusak

Sebuah perusahaan perbaikan data , Storelab,  mengeluarkan informasi penting tentang umur harddisk. Studi dilakukan dalam jangka waktu lama untuk mengumpulkan data yang sempurna. Laporan Storelab menjadi kontroversi mengingat banyak harddisk cacat atau rusak yang dibuat oleh vendor pabrikan. Pengguna komputer, khususnya pembeli komputer kebanyakan tidak tahu, apa merek harddisk yang mereka gunakan.

Terkadang banyak pembeli terbuai dengan masa garansi yang panjang dan menjamin bahwa harddisk mereka akan digantikan bila rusak. Harddisk rusak akan diganti, bagaimana dengan nasib malang data penting yang tersimpan dalam harddisk yang ikut hilang bersama rusaknya harddisk. Tentu dalam hal ini produsen harddisk tidak akan bertanggung jawab dengan hilangnya data tersebut.
Harddisk untuk home PC mungkin akan kehilangan data penting seperti dokumen ketikkan , file musik atau foto yang menjadi koleksi pribadi. Tetapi bagi kalangan profesional, data penting yang dibuat berbulan bulan bisa saja hilang oleh rusaknya harddisk. Berapa lama umur harddisk bisa bekerja.

Jawabannya tidak pernah sama. Satu vendor umumnya bisa mencapai 3.5 tahun, tetapi ada yang lain hanya sampai 1.5 tahun. Kapasitas dan model membedakan kualitas sebuah dan umur pemakaian sebuah harddisk. Tentang produsen pembuat harddisk, pemakai, persentasi kerusakan dan umur pemakaian. Secara umum ada 6 produsen besar pembuat harddisk yaitu Fujitsu / Toshiba, Hitachi, Samsung, Seagate, dan Western Digital.

Pada penelitian dilakukan dari 4000 unit harddisk lebih dengan format 3.5 dan 2.5 inch. Storelab melakukan perbandingan dari data yang dikumpulkan sesuai klasifikasi produk, merek dan kapasitas serta model. Menurut iSuppli , pemakaian harddisk pada pasar komputer. Seagate memimpin penjualan harddisk Dunia, di ikuti oleh Western Digital.

Menurut data Storelab yang didapat dari catatan kerusakan harddisk yang ada pada mereka. Kerusakan harddisk terbesar terjadi pada produk terbesar yaitu Seagate yang memimpin penjualan harddisk di Dunia. Hampir 2x lipat dari pangsa pasar harddisk yang ada, setara 31%.

Walaupun pemakaian harddisk di Rusia hanya berjumlah 40% saja dari seluruh merek harddisk Seagate. Tetapi kerusakan harddisk dari produsen lain jauh lebih rendah, seperti Hitachi dan Western Digital hanya tercatat 11% dibawahnya.Di bawah ini menurut data statistik kerusakan harddisk menurut persentasi. Probabilitas dari angka di bawah ini menunjukan semakin besar jumlah harddisk yang rusak yang didapat oleh StoreLab.

Indikator kedua digunakan menurut umur pemakaian dan berapa lama harddisk mampu bekerja sebelum rusak. Perancang harddisk seperti Insinyur pembuat harddisk boleh mengatakan harddisk mereka mampu bekerja bertahun tahun bahkan puluhan tahun. Tetapi kesimpulan yang mereka lakukan hanya dilakukan berdasarkan angka, dan bukan test sebenarnya. Mengingat tidak mungkin sebuah harddisk baru dijual setelah dilakukan uji coba bertahun tahun untuk mendapatkan angka MTBF.

Apa yang mengejutkan dari data yang di dapat oleh StoreLab. Harddisk ternyata ada yang umurnya hanya 1.5 tahun saja. Sedangkan terlama bekerja dari merek Hitachi dan Western Digital, mampu bekerja sampai 3.5 tahun sebelum terindikasi rusak.

Dari merek Seagate hanya tipe 7200.10 yang mampu bekerja lebih dari 3 tahun. Samsung dan Toshiba/Fujitsu juga bernasib sama, hanya bekerja dalam waktu 1.5 sampai 2 tahun saja dan masuk ke StoreLabs untuk dilakukan forensik data.

SUMBER  :  KETOK.COM


Responses

  1. wahh.. kebetulan saya hanya tipe pemakai mas.. jadi gak banyak tahu mengenai teknis seperti ini, gpp kan?!?!?

    • gpp ukhti, gak kena denda kok ….😀😀😀

  2. Gilee masa cuma 3taon? Trus baiknya bekap pake paan ya..

  3. Untung ja harddisk gw WD.bwt yg dh beli seagte kasian deh loe,hahaha…

  4. semua itu jg tergantung pemakain dan jg tergantung power supplay…krn salah satu yg ana sebutkan memegang andil buat kelangsungan hidup harddisk

  5. Gw pake seagate 7200.10 sampe sekarang masih adem ayem tuh,,, masih lancar aza,, padahal kadang pc on selama 2 hari tanpa di matiin buat donload torrent puluhan gB.. Tapi emang harddisk ini udah punya satu bad sector pas di scan,, n itu terjadi sebelum 1 tahun pemakaian harddisk baru. Setelah PSU gw ganti sama yang pure power ternyata sampai gw komen sekarang ini, masih fine aza tuh belum mengalami kerusakan yang menurut gw parah,, karena performa juga biasa biasa za gak da penurunan dari pertama kali gw beli,, Jadi menurut pengalaman yang udah gw dapet apapun harddisknya selama kita memberikan perawatan yang baik pada perangkat yang kita gunakan maka ketahanannya akan sesuai dengan klaim vendor yang diberikan,

  6. waduh beruntung bgt,kebetulan saya pake merk 2.2nya yaitu merk WD dan satu lagi hitachi.padahal pas beli gak tau menau soal yg bagus sm jeleknya. yang penting harganya pas di kantong hehe info antap deh

  7. wah mas kalu aq beli ram bilang aja z…………………….

  8. Gan,

    buat Seagate blm tentu cpt rusak,aku pake Seagate Barracuda 500GB 7200RPM selama 4 tahun lebih tdk ada kerusakan,baik”aja,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: