Oleh: Nedi Arwandi | 28 Desember 2010

Berita Menarik 28 Des2010

Timnas Kalah, Hacker Indonesia Berangus Situs Malaysia
JAKARTA (Berita SuaraMedia) – Tumbangnya tim nasional di kandang Malaysia dalam leg pertama final Piala AFF 2010 menyisakan kekesalan tersendiri bagi kalangan peretas Tanah Air. Situs Malaysia pun jadi sasaran pelampiasan. Menurut Irvan Nasrun, praktisi internet dan jaringan, ada sejumlah situs Malaysia berakhiran .my yang menjadi sasaran tembak usai Indonesia dibekuk tiga gol tanpa balas di Stadion Bukit Jalil tersebut. Beberapa di antaranya adalah situs milik Sony Music Malaysia, situs efurniture, food-beverage, dan beberapa lagi lainnya. “Gara-gara Indonesia kalah lawan Malaysia, Hacker Indonesia menyerang web Sony Music Malaysia dan beberapa web lain,” tukas Irvan, Senin (27/12/2010).
Kondisi hubungan Indonesia-Malaysia di dunia maya memang tak ubahnya di dunia nyata, sering mengalami pasang surut. Saling serang antar dedemit maya kedua negara pun sering terjadi di internet. Bahkan Indonesia pernah diserang oleh Hacker Malaysia yang mengaku berkoalisi dengan hacker China. Belum diketahui apa ada serangan balasan dari hacker Malaysia atas kejadian ini.Berikut beberapa situs Malaysia yang dilaporkan telah menjadi korban serangan hacker Indonesia:
http://directory.klang.net.my
http://efurniture.com.my
http://food-beverage.com.my
http://k9.com.my/index.htm
http://blog.realestate.net.my
http://www.verisance.com.my/manuals/index.htm
http://vmart.skymobile.com.my/osc/images/index.htm
http://galeri.seripekan.edu.my
http://ari.uitm.edu.my/cache
http://bin.my/cache
http://www.sonymusic.com.my/images/a.txt. (ar/dt2) http://www.suaramedia.com

Ikuti Jejak Indonesia, Hacker Vietnam ‘Permak’ Situs Malaysia
JAKARTA (Berita SuaraMedia) – Tak cuma peretas Indonesia rupanya yang menyerang situs Malaysia. Dedemit maya asal Vietnam pun turut melakukan aksi serupa sebagai bentuk kekecewaan atas kekalahan tim nasionalnya dari tim Harimau Malaya. Praktisi internet dan jaringan, Irvan Nasrun menuturkan, aksi deface ini terjadi setali tiga uang dengan apa yang dilakukan hacker Indonesia. Yakni atas dasar pelampiasan rasa kecewa karena tim kebanggaannya tumbang di laga Piala AFF 2010. “Hacker Vietnam yang kecewa juga meng-hack web Malaysia,” tukasnya, Senin (27/12/2010).
Memang, situs Malaysia yang jadi sasaran pembobolan hacker Vietnam ini tidak sebanyak seperti halnya yang dilakukan peretas Indonesia. Menurut identifikasi Irvan, salah satunya adalah situs yang beralamat di http://www.football.com.my/.
Dalam situs yang dipermak itu, pelaku yang menamakan dirinya sebagai Mr Kubin menyusupkan gambar tengkorak. Kemudian di bagian bawah situs terdapat pesan yang menggunakan bahasa Vietnam bertuliskan “Ban chi la mot chu ga thoy :)”.
(ar/dt2/su) http://www.suaramedia.com

AS Membeku, Ribuan Orang Terdampar
NEW YORK, KOMPAS.com — Badai salju hebat memaksa pembatalan ratusan penerbangan di sejumlah bandara AS, Minggu (26/12/2010). Kondisi ini menciptakan kesengsaraan bagi ribuan orang yang sedang berada dalam perjalanan liburan Natal. Pada saat yang sama, kondisi di Eropa mulai pulih. Ketika ratusan penumpang yang terjebak cuaca dingin di Paris dan Brussels pulang ke rumah setelah layanan penerbangan Eropa kembali normal pada hari Natal, kini giliran orang Amerika yang menggigil dan menghadapi kekacauan rencana. Wilayah timur laut mendapat pukulan terburuk dari badai yang diprakirakan bergerak ke utara pantai timur Amerika Serikat dan membawa salju dalam jumlah signifikan. Demikian dipaparkan Dinas Cuaca Nasional (NWS) AS.
Petugas menyirami jalan-jalan dengan garam dan menyediakan kendaraan darurat di Washington, daerah yang tahun lalu lumpuh selama berhari-hari karena salju. Ibu kota itu tampak siaga untuk menghindari kondisi terburuk pada kali ini. Hal itu dilakukan meski peringatan terhadap badai salju telah dikeluarkan untuk wilayah pesisir New England, pantai utara New Jersey, dan New York City. Badai diperkirakan akan menumpahkan salju antara 9 inci dan 15 inci di wilayah “Big Apple” saat embusan angin kencang bertiup melewati kota itu. Boston diperkirakan akan tertutup salju hingga 22 inci (55,9 cm), Senin, dengan embusan angin sekitar 72 kilometer per jam pada malam hari.
Badai salju itu menyengsarakan orang-orang yang sedang dalam perjalanan liburan Natal. Banyak maskapai penerbangan yang membebaskan fee bagi mereka yang ingin mengubah penerbangan. Delta Air Lines mengatakan, seperenam penerbangan di negara itu atau sekitar 850 penerbangan telah dibatalkan, Minggu. Continental Airlines membatalkan 265 keberangkatan, terutama dari Bandar Udara Internasional Newark Liberty, di luar New York. United Airlines membatalkan 110 penerbangan di Boston, Philadelphia, serta tiga bandara utama New York, yaitu Newark, LaGuardia, dan John F Kennedy International. Sementara itu, AirTran Airways membatalkan 81 penerbangan ke kota-kota timur laut yang diprakirakan akan terkena dampak paling parah, termasuk New York, Boston, dan Philadelphia. Southwest Airlines juga membatalkan penerbangan, terutama ke dan dari Dulles International Airport dan Baltimore Washington International Airport di luar Washington, serta Newark.

Jerman Tuduh China Bajak Komputer Mereka
Ahmad Taufiqurrakhman – Okezone
BERLIN – Serangkaian serangan cyber pada komputer pemerintah Jerman telah meningkat secara dramatis pada tahun 2010, dan pihak berwenang menduga bahwa hacker pemerintah China adalah pihak yang bertanggung jawab di balik serangan tersebut.  Berdasarkan laporan dari grup surat kabar WAZ, mulai Januari sampai September tahun 2010, dihitung ada sekitar sekitar 1.600 serangan ke komputer pemerintah. Angka ini meningkat dua kali lipat dari angka 900 yang terhitung pada sembilan bulan awal tahun 2009. Demikian seperti yang dikutip dari The Local, Senin (27/12/2010).
Federal Office for the Protection of the Constitution (BfV), yang memiliki tanggung jawab untuk intelijen domestik, percaya bahwa ada peningkatan dalam kasus-kasus tersebut. “Mata-mata dunia cyber berusaha untuk mengakses data ekonomi, militer, dan politik. Para pekerja dari pemerintah China adalah pelaku dibalik serangkaian serangan tersebut,” ujar seorang juru bicara dari BfV. “Para hacker China mengirimkan email dengan attachment, yang apabila dibuka, secara otomatis akan meng-install sebuah program spyware pada komputer Jerman dan akan membuat koneksi terhubung dengan China, sehingga data bisa ditransfer,” tambah juru bicara tersebut.
Serangan-serangan tersebut membuat pihak Kementerian Dalam Negeri Jerman berencana untuk melancarkan serangan balasan. “Kita membutuhkan pertahanan cyber tingkat nasional yang mengawasi dan bertujuan untuk mengamankan internet kita, di bawah kendali Kementerian Dalam Negeri,” ujar Thomas de Maiziere, Menteri Dalam Negeri Jerman, baru-baru ini. De Maizière berencana untuk membuat pusat pertahanan cyber untuk Jerman tahun ini. Pemerintah khawatir kalau para hacker ke depannya mungkin tidak hanya mengakses informasi, tapi juga akan menyerang sistem-sistem penting seperti pusat tenaga listrik, dan fasilitas-fasilitas penting lainnya. (srn)


Responses

  1. mas/mba’…
    tukeran link yach..
    link mas/mba’nya udah saya pasang di tempat saya,,semoga mas/mba’nya jg berkenan pasang link saya dsini..
    terima kasih..😀

  2. salam persahabatan
    itu semua yang memulai adalah malaysia!

    lihat saja nanti pasti malaysia diganyang TIMNAS INDONESIA

    • Aamiin, smoga Indonesia bisa ganyang Malingsya’


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: