Oleh: Nedi Arwandi | 20 Desember 2010

10 Ulah Hacker Yang Menggemparkan

Hacking menyerang apa saja dan siapa saja ; baik itu mahasiswa, pelajar, Bank, industri film, perusahaan telepon, ahli pembuat virus, bahkan sesama hacker hingga NASA dan Pentagon pun pernah kena imbasnya.

Tapi biasanya hacker jenis ini yang biasa disebut cracker, menyerang sesuatu ada tujuan untuk keuntungan pribadi atau mencari kesenangan saja.

Berikut 10 peristiwa menarik tentang kehebatan hacker / cracker :

  • MENGELABUI PEMILU, Menjelang pemilihan 2006 di Belanda, para cracker menunjukkan begitu mudahnya membobol komputer pemilu. Para cracker tersebut memang tidak diberi ” kesempatan memilih ” . Mereka pun mempertontonkan hacking PC tersebut secara live di televisi.

Ilustrasi

  • TIUP SAJA DARIPADA BAYAR, Peluit mainan dalam kotak sereal sudah cukup bagi John Draper untuk bermain-main dengan perusahaan telepon. Penemu nada tunggal 2600 Herz menggunakan peluit plastik yang merupakan hadiah dari kotak sereal dan dikenal sebagai Phone Phreaker (Phreaker, baca: frieker) Nada 2600 Hz digunakan sebagai alat untuk melakukan pemanggilan telepon gratis.Peluit ini menghasilkan sebuah nada yang dapat membuka panggilan telepon gratis bila ditiup ke dalam telepon. Pada tahun 1971, ia dipenjara oleh FBI, namun trik ini sempat mendunia selama beberapa waktu.

John Draper

  • MELUCUTI XBOX, Andrew Huang mempelajari aliran data yang mengalir di xbox dengan menanam ” pembaca ” yang tidak merusak atau mengganggu sistem. Hasilnya, ia berhasil menjebol Xbox.

Andrew Huang

  • FORUM EKONOMI DUNIA DIRAMPOK, Hacker pemula pun dapat mencuri data kartu kredit ; nama, nomor telepon, dan password. Pada tahun 2001, informasi ini berhasil dicuri dari server milik World Economic Forum, salah satu pertemuan ekonomi terpenting di dunia.

  • INDUSTRI FILM DIKERJAI, Bertahun-tahun industri film mengembangkan copy protection DVD CSS. Akhirnya, pada akhir 1999, mereka harus rela melihat hacker berhasil menjebol CSS. Dengan sekali klik, DVD dapat dicopy dengan mudah.

  • PENCURI DATA PESAWAT, 300 miliar dolar akan dihabiskan untuk mengembangkan pesawat tempur baru F-35 Lighting II. Namun dana sebesar itu harus disimpan terlebih dahulu. Kabarnya, hacker berhasil mencuri data pengembangan pesawat tersebut dalam jumlah terabyte dari server Pentagon. Diduga pencuri data tersebut berasal dari China.

  • WORM PERTAMA, Worm ini menjadi virus pertama di internet. Parasit yang diberi nama menurut pembuatnya ” Robert Morris ” ini menyebar pada tahun 1988. Worm Morris menjadi bentuk awal kategori malware. Source code dari program perusak ini masih tersimpan dalam sebuah disket pada sebuah museum.

Robert Morris

  • MENCARI UFO, Ahli IT Gary McKinnon menjebol jaringan militer US, NASA, dan Pentagon. Menurut sebuah laporan, ia hanya mencari informasi mengenai UFO. Bila McKinnon diekstradisi ke AS oleh Inggris, ia terancam hukuman sampai 60 tahun.

  • MEMANFAATKAN KEPERCAYAAN, Pada tahun 1979, Kevin Mitnick menyusup ke sistem perusahaan komputer DEC dengan cara meminta password kepada administrator dengan menggunakan nama palsu.

  • MENJEBOL ONLINE BANKING TANPA INTERNET, Daftar hacker kurang lengkap tanpa aksi dari Chaos Computer Club. Pada tahun 1984, CCC berhasil menjebol sistem BTX dan memperoleh data akses pada Bank tabungan Hamburg serta mencuri sekitar 100.000 DM. Bank tersebut memperoleh uangnya kembali namun kepercayaan terhadap BTX terlanjur hilang.

SUMBER  :  CHIP


Responses

  1. Wah,, masih ada saja ya orang yang seperti itu?
    Hacker perlu dibasmi kah?

  2. I love hacker……..!!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: