Oleh: Nedi Arwandi | 30 November 2010

Perang Tanding Browser

Selain kecepatan, faktor keamanan pada browser patut untuk jadi perhatian serius. Karena browser umumnya merupakan gerbang masuk malware. Disini, browser membuka website yang terinfeksi dan menampilkannya. Jadi, browser harus menawarkan kemungkinan yang kecil terhadap serangan ini. Oleh karena itu, keamanan pada browser selama berselancar wajib untuk jadi perhatian. Demikian pula dalam hal performance, browser yang mengutamakan performa tinggi tentu dalam membuka suatu website yang berisi berbagai fungsi plus elemen tampilan seperti menu animasi akan mampu dengan cepat dan sigap menanganinya dengan baik serta dengan proses rendering yang efektif. Juga dalam hal menangani Web Standard baru HTML5 dan Web-GL untuk menampilkan 3D, Internet menjadi lebih interaktif dan menarik. Sehingga untuk animasi, game, film dan musik langsung diputar oleh browser tanpa memerlukan plugin lagi.

Dan ternyata dari harapan tersebut, belum ada browser yang benar-benar sempurna. Kandidat browser yang akan menjadi peserta tanding dalam perang browser kali ini dari beberapa sisi memiliki beberapa kelebihan namun pada sisi yang lain masih terdapat kekurangan.  Pengujian browser kali ini meliputi ; Keamanan, Performance, Web Standard.

Peserta browser kali ini adalah :
1. Chrome 7.0.510.0
2. Firefox 4 Pre-Beta 6
3. Opera 10.70 Build 9036
4. Safari 5.0.1
5. Internet Explorer 9 PP4
6. Firefox 3.6.8

Berikut hasil penelitian CHIP yang dipublikasikan pada bulan November 2010 ;

A. KEAMANAN

1. Chrome 7.0.510.0 , Nilai :  83
2. Firefox 4 Pre-Beta 6 , Nilai :  85
3. Opera 10.70 Build 9036 , Nilai :  90
4. Safari 5.0.1 , Nilai :  76
5. Internet Explorer 9 PP4 , Nilai :  86
6. Firefox 3.6.8 , Nilai :  65

B. PERFORMANCE

1. Chrome 7.0.510.0 , Nilai :  88
2. Firefox 4 Pre-Beta 6 , Nilai : 84
3. Opera 10.70 Build 9036 , Nilai :  79
4. Safari 5.0.1 , Nilai :  71
5. Internet Explorer 9 PP4 , Nilai :  78
6. Firefox 3.6.8 , Nilai :  44

C. WEB STANDARD

1. Chrome 7.0.510.0 , Nilai :  92
2. Firefox 4 Pre-Beta 6 , Nilai :  90
3. Opera 10.70 Build 9036 , Nilai :  87
4. Safari 5.0.1 , Nilai :  88
5. Internet Explorer 9 PP4 , Nilai :  57
6. Firefox 3.6.8 , Nilai :  63

TAMBAHAN :

CHROME 7.0.510.0

Chrome lebih cepat mengaplikasikan JavaScript. SunSpider Test yang digunakan untuk mengukur kecepatan saat menjalankan JavaScript yang komplek, lebih dikuasai oleh Chrome dan Opera. Hal ini dikarenakan oleh dua inovasi teknis. JavaScript dapat berjalan lebih cepat bila sebelumnya telah di-compile seperlunya untuk CPU dan diterjemahkan ke dalam bahasa mesin. Kecepatan lebih masih diperoleh apabila browser meng-compile nya secara bersamaan dengan beberapa core sekaligus.

FIREFOX 4 PRE-BETA 6
Firefox versi beta 4 ini, semakin dekat dengan Chrome. Browser ini pada versi ini ( di bulan Nonember 2010 ) merupakan browser dengan kelemahan paling minim. Walaupun masih berstatus beta, firefox versi ini hampir menyamai Chrome. Firefox 4 juga sudah menutup sebuah celah yang penting dalam Private Mode agar jejak-jejak berselancar dapat diminimalkan. Firefox 4 sebenarnya memiliki JavaScript Engine untuk menjalankan fungsi script tapi kemampuannya masih dibawah Chrome.

Dan rencananya untuk Firefox versi 4 nanti ( entah kapan bisa direalisasikan ) akan memisahkan Webcode dan Add-ons ke dalam proses yang berbeda sehingga akan lebih aman dari serangan Web yang memanfaatkan Cross-Site Scripting ( XSS ). Pada XSS, kode perusak dijalankan dengan bantuan sebuah link yang telah terinfeksi dalam sebuah website yang dipercaya. Mozilla melawan serangan ini dengan Content Security Policy. Bila header sebuah website berisi tag tertentu, Firefox segera memblokir eksekusi script yang tidak dikenal. Namun metode ini membutuhkan kerja sama dari provider website dan inilah yang membuatnya kurang begitu berhasil, demikian menurut ahli keamanan Andreas Marx.

INTERNET EXPLORER 9
Browser produk Microsoft ini sedikit lebih baik pada saat rendering. Karena mulai DirectX versi 10.1, Vista dan Win 7 menawarkan sebuah interface yang dapat memanfaatkan GPU untuk tugas-tugas rendering. Microsoft telah merancang sederetan tes yang akan menganimasikan elemen-elemen sebuah website sampai ke kondisi ekstrem. Bila browser mendukung GPU Rendering, tambahan kecepatannya cukup signifikan.

FIREFOX 3.6
Firefox dengan berbagai add-ons security seperti NoScript yang dapat memblokir serangan malware ternyata belum maksimal dapat mengantisipasi serangan malware, sebagaimana menurut statistik , bulan Juni 2009 s/d Juni 2010 masalah dalam browser dalam celah keamanan, Firefox versi 3 menempati urutan pertama dengan celah keamanan yang paling rawan. Banyak celah keamanan yang membuatnya rentan terhadap serangan script yang memungkinkan buffer overflow dalam RAM sehingga program perusak masuk ke dalam komputer.Tapi untuk Firefox versi 3.6.4 ke atas sudah memisahkan add-ons dari engine browser.

SUMBER  :  CHIP


Responses

  1. trus smangt


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: