Oleh: Nedi Arwandi | 15 November 2010

Tips Optimalkan Internet ( Bag.2 )

Optimalkan Lewat Browser

Lewat browser, Anda juga bisa memulihkan kembali pengalaman berinternet. Sebagai contoh ; kalau Anda menggunakan browser Mozilla Firefox, Anda bisa menggunakan add-on seperti NoScript, Flashblocker ataupun Adblock Plus.

Ketiga add-on tersebut akan memblokir script-script yang akan dijalankan di browser dan memblokir iklan yang ada di halaman yang dikunjungi. Efeknya, penjelajahan internet akan terasa lebih ringan karena komponen-komponen halaman web tersebut tidak ditayangkan oleh browser.

Bila Anda menggunakan Firefox, bisa juga memasang add-on bernama AFOM. Add-on ini mengatasi masalah kebocoran memori saat kamu menggunakan Firefox dengan banyak tab. Meski tidak mempengaruhi kinerja internet, firefox Anda akan menjadi lebih responsif.

Tapi bila Firefox Anda kebanyakan add-on, waaah ini malah dapat mengganggu kenyamanan berselancar Anda. Coba buang add-on yang jarang digunakan atau tidak pernah dipakai.

Caranya, dari menu tools klik Add-on lalu disable atau unistall setiap add-on yang tidak lagi berguna. Restart Firefox agar add-on yang sudah dihapus atau dinonaktifkan berhenti memakan sumber daya komputer.

Gunakan Download Accelerator

Browser seperti Mozilla Firefox ataupun Opera memiliki fasilitas download manager yang terintegrasi. Anda bisa mendownload lalu mem-pausenya jika dirasa proses download tersebut mengganggu jaringan internet disekitar lalu dilanjutkan saat jaringan sedang tidak banyak digunakan. Tentu syaratnya server yang menyediakan file yang Anda download mendukung pula penghentian download secara sementara.

Memanfaatkan aplikasi download accelerator seperti Flash Get, Download Accelerator Plus ( DAP ), Internet Download Manager ( IDM ) bisa jadi alternatif untuk mendownload dengan segera dan bisa di-pausekan sementara untuk dilanjutkan nantinya.

Aplikasi-aplikasi tersebut akan memecah file yang didownload menjadi beberapa bagian dan mendownload bagian-bagian tersebut secara simultan. Ini dapat meningkatkan proses download hingga 5 kali lipat atau bahkan lebih.

Tapi bila Anda berada dalam internet jaringan, menggunakan download accelerator mengandung resiko. Kalau setting-nya tidak diatur, bandwidth yang Anda gunakan terkuras olehnya. Termasuk bandwidth yang menjadi hak komputer-komputer lain yang ada dalam jaringan yang sama dengan komputer Anda. Jadi, jangan disalahgunakan.

Sumber  :  PCplus


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: