Oleh: Nedi Arwandi | 13 November 2010

Tips Optimalkan Internet ( Bag.1 )

Internet yang ngebut kayak gak ada rem merupakan impian seluruh pengguna internet. Akan tetapi, kalau koneksi internet kita malah lelet dan kecepatannya kayak sepeda tahun 45-an yang lagi naik bukit terjal dan tinggi trus pake jatuh lagi, apa yang bisa kita perbuat ?

Sekedar bagi tips sederhana untuk memulihkan koneksi internet, tapi perlu nian untuk diingat baik-baik, bahwa tips berikut berlaku jika tidak ada gangguan pada layanan internet.

Yang Pertama : CEK KESEHATAN KOMPUTER

Sebelum Anda mencak-mencak dan memurkai penyedia layanan internet yang Anda gunakan, sebaiknya Anda periksa dahulu apakah komputer Anda ditongkrongin gerombolan teroris yang bernama virus, worm, trojan dan bangsa sejenisnya.

Sebagai informasi, virus merupakan salah satu makhluk dunia maya yang berpotensi menyebabkan koneksi internet jadi lamban. Bahkan di negara maju sekalipun, menurut survey yang dilakukan Microsoft, di Amerika Serikat saja setidaknya 2,2 juta komputer yang terkena virus dan aktif menularkan penyakit.

Setelah berhasil menyusup, virus tersebut bertugas mendownload virus-virus atau trojan lainnya tanpa sepengetahuan pengguna komputer. Aktivitas ini tentunya sangat menguras banwidth.

Untuk itu, sangatlah penting untuk selalu update sistem operasi dan aplikasi pengamanan komputer setiap kali muncul update. Lakukan juga pemeriksaan secara berkala untuk memastikan koneksi internet kamu tidak dihabisi dan dikuras oleh penjahat bandwidth tersebut.

Patch Microsoft setiap merilis update ada tools yang bermanfaat yang sering diperbarui oleh Microsoft yakni Windows Malicious Software Removal Tool. Setelah Anda mendapatkan update yang terbaru, gunakan dengan cara ;

  1. Dari menu ” run “, ketikkan mrt .
  2. Setelah menu terbuka, klik Next lalu pilih metode pemeriksaan yang ingin Anda gunakan.
  3. Klik di ” Choose Folder …… ” kalau Anda ingin tool ini memeriksa folder yang Anda curigai mengandung aplikasi berbahaya.

Bersambung pada postingan selanjutnya…….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: