Oleh: Nedi Arwandi | 30 Oktober 2010

Baterai Laptop Agar Awet

Berikut tips dan cara mudah merawat baterai laptop kesayangan anda biar lebih awet dan tahan lama :

1. Jangan sekali-kali menggunakan baterai dan charger laptop yang tidak kompatibel. Untuk meyakinkan kompatibilitas baterai pengganti ataupun charger yang digunakan, hubungi customer service dari produsen laptop yang bersangkutan.

2. Hindari kebiasaan menggunakan laptop di pangkuan paha, di atas karpet, maupun di atas kasur karena permukaan yang lembut seperti itu akan menghambat aliran udara di bagian bawah notebook dan dapat menimbulkan overheating. Hal ini terjadi lantaran sirkulasi udara tidak berjalan dengan sempurna.

3. Hindari benturan dan himpitan serta jangan meletakkan beban berat di atas laptop. Hal tersebut akan mengakibatkan sirkuit di dalam baterai menjadi rentan terjadi hubungan arus pendek (korslet) yang kemudian mengakibatkan overheating.

4. Hindari pula kontak pada dudukan baterai yang longgar dengan aneka benda yang terbuat dari metal.

5. Tidak meletakkan laptop di sembarang tempat, terutama di tempat yang terkena langsung sengatan matahari seperti di bawah jendela atau dalam mobil yang diparkir di lapangan.

6. Tidak menumpahkan cairan di atas laptop karena meskipun nantinya akan mengering dan berfungsi normal kembali, namun sirkuit di dalam laptop ataupun baterai secara perlahan tapi pasti akan berkarat.

7. Saat peralatan tidak digunakan atau dalam keadaan stand by / off, jangan biarkan peralatan tersambung ke listrik setelah baterai terisi penuh. Hal ini dapat merusak / memperpendek usia baterai karena baterai akan diisi terus menerus. Juga jangan mengisi (charge) baterai terus menerus sampai lebih dari 12 jam. Hal ini berakibat kerusakan baterai.

8. Perlakukan laptop dan baterai sesuai dengan petunjuk yang tercantum dalam buku manual yang selalu menyertainya.

9. Lakukan Defrag Secara Berkala

Drive yang bekerja dengan keras padahal perintah kerja yang diberikan sedikit akan disimpan di dalam drive dan baterai. Hal ini harus dihentikan karena akan membuat baterai menjadi cepat habis. Untuk membuat Hard drive Anda seefisien mungkin maka harus dilakukan defrag secara berkala

10. Redupkan Layar

Banyak laptop yang datang dengan kemampuan untuk meredupkan layarnya sehingga baterai dapat tahan lama. Beberapa datang dengan kemampuan dapat memodifikasi CPU dan mode pendinginan. Menekan penggunaan baterai berlebihan dapat dilakukan melalui cara ini.

11. Menambah RAM

Hal ini memungkinkan Anda untuk menjalankan proses lebih dengan memori laptop anda, bukan mengandalkan pada memori virtual. Hasil memori virtual menggunakan hard drive, dan jauh lebih sedikit daya yang efisien. Perlu dicatat bahwa dengan menambah RAM akan mengkonsumsi lebih banyak energi, jadi hal ini merupakan cara efisien jika Anda ingin menjalankan program intensif memori yang benar-benar membutuhkan penggunaan berat dari memori virtual.

12. Jalankan Hard Drive Bukan CD / DVD

Sebagai layaknya hard drive yang membutuhkan banyak daya, CD dan DVD drive lebih buruk. Bahkan memiliki satu di drive dapat mengkonsumsi daya berlebih pada baterai. CD dan DVD berputar, menjadi layaknya hard drive yang membutuhkan daya yang besar bahkan ketika mereka tidak aktif untuk digunakan. Sedapat mungkin, cobalah untuk menjalankan proses ini dengan drive virtual menggunakan program seperti alkohol 120% dan daemon tools bukan yang optik.

13. Mengurangi Program Yang Berproses Pada Background

Itunes, Desktop Search, dan lain sebagainya, semua ini dapat menambah beban CPU dan menguras cepat baterai. Menutup segala sesuatu yang tidak penting untuk membuat baterai tahan lama.

13. Merawat Baterai Secara Berkala

Jangan biarkan baterai yang diisi tidak aktif untuk jangka waktu yang lama. Setelah diisi, Anda setidaknya harus menggunakan baterai setidaknya sekali setiap dua atau tiga minggu. Jangan biarkan baterai Li-On benar-benar terlepas ( pelepasan hanya untuk baterai yang lebih tua dengan efek memori )

14. Gunakan Modus Hibernate, Jangan Stand By

Meskipun mengatur laptop dalam modus stand by menyimpan beberapa daya dan Anda dapat segera menggunakannya setelah Anda tinggalkan, hal ini tidak menyimpan daya sebanyak fungsi hibernate. Hibernate pada komputer akan menjaga keadaaan PC Anda dan melakukan Shut Down secara sempurna

15. Menjaga Suhu Tetap Optimal

Laptop Anda beroperasi lebih efisien ketika dalam keadaan dingin. Membersihkan ventilasi udara laptop Anda dengan kain bersih atau pembersih keyboard

16. Mengatur Dan Mengoptimalkan Kekuatan Pilihan

Pada “Power Option” di jendela Control Panel dan mengaturnya sehingga penggunaan daya dioptimalkan (pilih “Max Battery” untuk efek maksimum)

17. Jangan Memproses Perintah Berlebihan

Lakukan proses pada satu aplikasi saja. Jangan membuka aplikasi berlebihan karena akan membuat baterai laptop Anda cepat habis

18. Perhatikan Banyaknya Permintaan Proses Pada PC

Semakin banyak permintaan dari PC Anda. Kegiatan pasif seperti E-mail dan Word Processing mengkonsumsi daya jauh lebih kecil daripada bermain game atau dari sebuah DVD. Jika anda punya satu baterai – pilih prioritas Anda dengan bijaksana

19. Fungsi Autosave

Ms Word dan Excel memiliki fungsi auto save ( penyimpanan otomatis ) tetapi hal ini menyebabkan baterai terkuras lebih cepat. Pada saat baterai hampir habis non aktifkan fungsi auto save agar laptop tidak drop dan mati secara tiba-tiba yang membuat laptop cepat rusak

20. Menurunkan Grafis

Menurunkan grafis yang digunakan. Anda dapat melakukannya dengan mengubah resolusi layar dan mematikan driver grafis yang berlebih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: